Kemah It Budaya

PanguttuBolic sedang beraksi

Bertempat di halaman SMK Negeri 1 Sengkang para peserta Workshop merakit komponen wajanbolic. Semua peserta berhasil membuat antena wajanbolic dengan kualitas signal 100%. Besok para peserta workshop wajanbolic akan mengikuti lomba membuat wajanbolic dengan hadiah yang sangat menggiurkan.

Cara Membuat Wajan Bolic

Cara Membuat Wajan Bolic

Wajanbolic atau dalam bahasa Inggris wokbolic adalah antena yang dibuat dengan bahan utama wajan penggorengan. Wajanbolic yang pertama kali digagas oleh pak Gunadi dan dipopulerkan oleh kang Onno W Purbo memang fenomenal. Paling sering digunakan untuk RT/RW net atau hotspot wifi dengan frekuensi 2,4 GHz yang memang bebas alias free. Namun tak hanya untuk frekuensi 2,4 GHz saja karena antena ini bisa dimodifikasi sebagai penangkap sinyal 3G GSM maupun CDMA.

Perbedaan mendasar dari ketiganya adalah frekuensi yang digunakan sehingga perhitungan untuk bahan berbeda, modem yang digunakan juga berbeda. Modem ini yang kemudian dipasang di antena penerima. Saya berusaha mengumpulkan teori pembuatan wajanbolic jika sewaktu-waktu dibutuhkan tidak terlalu pusing mencari di google.

Perlu diperhatikan yaitu perbedaan antena penerima dengan antena penguat sinyal. Antena penerima membutuhkan modem penerima yang dipasang pada antena (wajan, kaleng atau yang lainnya). Sedangkan antena penerima penguat sinyal tidak memerlukan modem terpasang di antena. benar nggak sih .

~ oleh SEJARAH TANAH BONE pada Desember 31, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: